prasetyo, Agung and , Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D and , Aris Rakhmadi, S.T., M. Eng. (2013) Media Pembelajaran Kerangka Tubuh Manusia Beserta Fungsinya Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android Mobile. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_publikasi.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._awal.pdf Download (738kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Faktor pendukung pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang digunakan dan metode dipakai dalam penyampaian materi. Media pembelajaran klasik seperti menggunakan buku masih mendominasi proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini kadangkala menjadikan siswa kurang tertarik dan merasa bosan ketika menyerap pelajaran, sehingga memberikan efek malas belajar. Peneliti merancang dan membuat sebuah aplikasi sebagai sarana pembelajaran interaktif untuk mempelajari materi tentang kerangka tubuh manusia beserta fungsinya untuk sekolah dasar berbasis Android Mobile. Peneliti menggunakan metode research and development dalam melakukan penelitian. Metode research and development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Perancangan dan pembangunan system dilakukan dengan proses pembuatan DFD, flowchart dan diimplementasikan menggunakan aplikasi Android Developer Tools Bundle v21.0.1-543035. Hasil yang didapat dalam penilaian melalui kuisioner yang telah diujikan di SD N 2 Pulutan, Randualas, Pulutan, Nogosari, Boyolali didapat kesimpulan lebih dari 75% siswa dan guru menjawab setuju bahwa aplikasi ini dapat digunakan untuk media pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari materi kerangka tubuh manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | android, kerangka manusia, pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 17 Jan 2014 12:06 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 03:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27422 |
Actions (login required)
View Item |