Pengembangan Budaya Mutu Di SMK PGRI 1 Karanganyar

Arobi, Moh. and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2013) Pengembangan Budaya Mutu Di SMK PGRI 1 Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan: 1) Budaya mutu di SMK PGRI 1 Karanganyar dalam peningkatan hasil belajar siswa; 2) Bentuk−bentuk pengembangan budaya mutu non akademik yang berlangsung di SMK PGRI 1 Karanganyar. Jenis penelitian adalah kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian yaitu: 1) Budaya mutu di SMK PGRI 1 Karanganyar dalam peningkatan hasil belajar siswa masih terbatas pada kegiatan pembelajaran sebagaimana yang diprogramkan sekolah dalam manajemen berbasis sekolah, evaluasi diri sekolah, dan standar pelayanan minimal, jadi belum dikembangkan pada kegiatan peningkatan mutu akademik, misalnya kegiatan pembimbingan khusus bagi siswa berprestasi, pembinaan siswa yang belum berprestasi, dan sebagainya; 2)Bentuk−bentuk pengembangan budaya mutu nonakademik yang berlangsung di SMK PGRI 1 Karanganyar juga belum optimal, masih terbatas pada kegiatan pramuka yang menonjol, yang lainnya seperti olahraga (bola volly, basket),seni (musik, tari, lukis), PMR, dan UKS belum optimal. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti menawarkan program pengembangan budaya mutu di SMK PGRI 1 Karanganyar dalam peningkatan hasil belajar siswa berupa optim alisasi pembimbingan belajar siswa, optimalisasi aktivitas belajar siswa, optimalisasi kerjasama warga sekolah, sedangkan bentuk−bentuk pengembangan budaya mutu nonakademik di SMK PGRI 1 Karanganyar berupa optimalisasi pengelolaan kegiatan nonakademik, penambahan fasilitas kegiatan nonakademik, dan peningkatan daya dukung warga sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: budaya mutu, hasil belajar siswa, nonakademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jan 2014 11:12
Last Modified: 27 Oct 2021 03:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27417

Actions (login required)

View Item View Item