Indriastuti, Wahyu Ari and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengelolaan Pendidikan Tata Rias Pengantin (Studi Situs LKP Moncar Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (495kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik perencanaan pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta; (2) karakteristik pengorganisasian pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta; (3) karakteristik pelaksanaan pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta; (4) karakteristik pengawasan pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta; dan (5) karakteristik faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan pendidikan pada LKP Moncar. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pelaksanaan penelitian di LKP Moncar Surakarta. Informan yang dipilih adalah pemilik dari LKP Moncar, peserta didik, instruktur. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber maupun triangulasi metode. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) karakteristik perencanaan pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta melalui ide, penerimaan peserta didik baru, dan mempersiapkan materi pendidikan tata rias pengantin yang disusun dalam bentuk Satuan Ajar Pendidikan (SAP); (2) Karakteristik pengorganisasian pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta dilakukan dengan menempatkan instruktur-instruktur untuk menangani penerimaan peserta didik baru dan menangani pengelolaan fasilitas lembaga ketrampilan, sarana prasarana, media belajar dan personalia serta pembagian tingkat ketrampilan peserta didik kepada semua instruktur serta mengorganisir agenda pelatihan dan lomba berdasarkan jadwal masing-masing lomba kepada instruktur; (3) Karakteristik pelaksanaan pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta adalah kegiatan pengadaan, penggunaan, perawatan, dan penghapusan yang dimiliki lembaga keterampilan dan sosialisasi prestasi kepada siswa baru serta menggerakkan instruktur-instruktur untuk melaksanakan kegiatan dalam mencapai target kelulusan; (4) Karakteristik pengawasan pendidikan tata rias pengantin pada LKP Moncar Surakarta dilakukan melalui evaluasi perencanaan dan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru serta mengacu pada pencapaian ketrampilan, tingkat kelulusan, dan perolehan nilai peserta didik sekaligus memantau kinerja tim sukses; dan (5) Karakteristik faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan pendidikan pada LKP Moncar: faktor pendukung penyelenggaraan pendidikan pada LKP Moncar adalah adanya dukungan dari keluarga (suami dan anak), biaya kebutuhan belajar mengajar rendah, sarana belajar mengajar tata rias pengantin tidak selalu menggunakan media dan merk tertentu, dan faktor penghambat penyelenggaraan pendidikan pada LKP Moncar adalah kesulitan memperoleh peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Tata Rias Pengantin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2014 10:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27415 |
Actions (login required)
View Item |