Harjanto, Heri and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengelolaan Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Media Komputer Di SMPN 2 Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_HERI.pdf Download (215kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (819kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran desain batik berbasis media komputer di SMPN 2 Wonogiri (2) Mendeskripsikan karakteristik interaksi pelaksanaan pembelajaran desain batik berbasis media komputer. (3) Mendeskripsikan kreativitas dan kualitas hasil karya desain batik siswa setelah pembelajaran berbasis media komputer. Lokasi penelitian di SMPN 2 Wonogiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan metode analisis dokumen. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan penyelenggaraan pembelajaran desain batik berbasis media komputer di SMPN 2 Wonogiri tergolong baik. Hal tersebut dibuktikan dengan terciptanya lingkungan yang nyaman, aman dalam mendukung kelancaran dan efektivitas pembelajaran. Selain lingkungan ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana, sangatlah mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis media komputer. (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis media komputer, mampu menjadikan pembelajaran lebih aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan, sehingga tercipta multi interaksi, baik antara guru dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan media belajar, maupun siswa dengan siswa lainnya.(3) Pembelajaran berbasis media komputer yang dilaksanakan guru seni rupa SMPN 2 Wonogiri telah mampu membuat siswa mengembangkan kreativitasnya. Karya-karya desain batik siswa SMPN 2 Wonogiri telah mengalami peningkatan dari segi kreativitas dan kualitas, bahkan tidak sedikit siswa telah berani melakukan improvisasi sehingga manghasilkan motif-motif baru.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran seni rupa, berbasis media komputer. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2014 07:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27413 |
Actions (login required)
View Item |