Adam, Adam and , Prof. Dr. Endang Fauziati, M. Hum and , Dr. Eko Supriyanto, S.H, M.H. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Teknik Pemesinan Di SMK Warga Surakarta (Etnografi Mikro). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Jurnal_Publikasi.pdf Download (550kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (363kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (447kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model kurikulum dan silabus yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan, (2) Untuk mengetahui tujuan pembelajaran teknik pemesinan, (3) Untuk mengetahui teknik-teknik yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan, (4) Untuk mengetahui peran guru dan siswa dalam pembelajaran teknik pemesinan, (5) Untuk mengetahui media peralatan yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan, (6) Untuk mengetahui model evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Warga Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan metode analisis etnografi. Hasil penelitiannya adalah: (1) model kurikulum dan silabus yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang mengacu pada Badan Standar Nasional Pendidikan dan mengacu pada Standar Kopetensi Kerja Nasional (SKKN), (2) tujuan pembelajaran teknik pemesinan adalah untuk menghasilkan lulusan yang merupakan tenaga terdidik, terlatih, dan terampil yang memenuhi kompetensi yang dipersyaratkan oleh dunia kerja dalam bidang teknik yang relevan, (3) teknik-teknik yang digunakan dalam pembelajaran teknik pemesinan adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, demonstrasi, latihan dan praktek, (4) peran guru dalam pembelajaran teknik pemesinan adalah sebagai sumber belajar, sebagai fasilitator, sebagai pengelola pembelajaran, sebagai demonstrator, sebagai pembimbing, sebagai motivator dan juga sebagai evaluator dalam meningkatkan keberhasilan program belajar mengajar baik dalam kegiatan pengajaran teori maupun kegiatan praktikum di laboratorium. Peran siswa dalam pembelajaran yaitu mendengarkan, mencatat, mengerjakan, mempraktekan, bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pada saat proses belajar mengajar baik dalam kegiatan pembelajaran teori maupun kegiatan pembelajaran praktikum, (5) media yang digunakan dalam pembelajaran adalah multi media, media gambar, OHP proyektor, media cetak, dan berbagai peralatan mesin dan bahan lain yang ada di laboratorium, (6) evaluasi dalam pembelajaran: formatif dan sumatif.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan; pembelajaran; pemesinan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jan 2014 07:11 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27410 |
Actions (login required)
View Item |