Suparmini, Suparmini and , Dr.Muindinillah Basri, M.A and , Dr.Amir Mahmud,M.Ag (2013) Internalisasi Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter Siswa (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (121kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (638kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Internalisasi pendidikan Islam merupakan proses pembentukan akhlak yang menekankan pada pembentukan hati nurani dan penanaman sifat-sifat Illahiyah, mengarahkan untuk menyempurnakan bekal keagamaan siswa yang sudah terbawa dari rumah. Internalisasi pendidikan Islam dalam membangun karakter siswa tidak hanya mengajarkan nilai-nilai moral saja (Moral Knowing), tetapi menyesuaikan antara pikiran, hati, dan tindakan ( Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan internalisasi pendidikan Islam dalam membangun karakter siswa di SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitan lapangan ( field reseach ), karena peneliti langsung menggali data di lapangan. Objek studinya pada kepala sekolah, guru agama Islam, bidang kurikulum, dan siswa. Tehnik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data: Data yang sudah terkumpul dari lapangan, hasil wawancara dari berbagai sumber, artikel yang berhubungan dengan penelitian, dan buku-buku acuan lain yang masih relevan. Disamping itu analisis data juga dilakukan dengan cara mengatur, mengurutkan, mengelompokkan, dan mengkategorikannya dalam bentuk diskritif yang berupa kata-kata tertulis. Hasil penelitian ini adalah pemahaman terhadap internalisasi pendidikan Islam dalam membangun karakter siswa yang dilaksanakan di SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16 Surakarta, terfokus pada kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Pelaksanaan internalisasi pendidikan Islam selain didukung oleh sarana dan prasarana sekolah untuk keberhasilannya, juga dilaksanakan dengan: prinsisp-prinsip pendidikan Islam, implementasi internalisasi pendidikan Islam, dan model metode internalisasi pendidikan Islam.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Karakter, Nilai Moral |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 09:46 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27408 |
Actions (login required)
View Item |