Kuswinarni, Kuswinarni and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Pengelolaan Sumber Belajar Di SD Negeri 9 Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (470kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. 1. Mendeskripsikan karakteristik perencanaan sumber belajar SD Negeri 9 Boyolali, 2. Mendeskripsikan karakteristik pemanfaatan sumber belajar SD Negeri 9 Boyolali, 3. Mendeskripsikan karakteristik pemeliharaan sumber belajar SD Negeri 9 Boyolali. Jenis penelitian ini kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pelaksanaan penelitian di SD Negeri 9 Boyolali. Informan yang dipilih adalah Kepala Sekolah dan guru di SD Negeri 9 Boyolali. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Penelitian ini memiliki tiga kesimpulan: 1. Karakteristik perencanaan sumber belajar di SD adalah menginventarisir jenis-jenis sumber belajar, merelevansikan sumber belajar dengan materi pelajaran, mengkonfirmasikan sumber belajar dan materi pelajaran kepada teman guru satu gugus, mempersiapkan dukungan buku paket penerbit BSE, Airlangga dan hasil musyawarah kelompok kerja guru, dan menuangkan rencana sumber belajar dalam RPP, 2. Karakteristik pemanfaatan sumber belajar di SD adalah mampu menunjukkan sumber belajar melengkapi media pembelajaran yang sudah digunakan sebelumnya; mampu menunjukkan sumber belajar memahamkan siswa menjadi lebih mudah karena siswa bisa melihat, melakukan dan merasakan pelajaran sebagaimana sumber yang digunakan dalam pembelajaran; mampu menunjukkan sumber belajar memberikan semangat baru untuk menemukan sendiri kejadian-kejadian yang dialami di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat; mampu menunjukkan sumber belajar membantu guru memberikan penjelasan materi pelajaran; dan mampu menunjukkan sumber belajar mengurangi teori pembelajaran secara verbal, 3. Karakteristik pemeliharaan sumber belajar di SD adalah menjaga sumber belajar berupa pesan dengan melestarikan keagungan pesan-pesan yang tersirat; menjaga sumber belajar berupa orang dipelihara dengan mengikuti dinamika sosial dan membuat catatan-catatan kejadian yang dapat digunakan untuk sumber belajar; alat dipelihara dengan menyimpan sesuai dengan tempat penyimpanan yang disediakan; menjaga kualitas dan mengembangkan kualitas teknik pembelajaran; mampu menjaga sumber belajar dengan menjaga dan menempatkan di tempat penyimpanan yang disediakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, sumber belajar, perencanaan, pemanfaatan, pemeliharaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 02:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27403 |
Actions (login required)
View Item |