Suprapti, Suprapti and , Dr. Eko Supriyanto and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Kontribusi Motivasi , Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Terhadap Mutu Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (217kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar, kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (2) Untuk mengetahui kontribusi motivasi terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (3) Untuk mengetahui kontribusi kedisiplinan terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (4) Untuk mengetahui kontribusi tanggung jawab terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 458 siswa, sampel yang digunakan berjumlah 198 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi motivasi belajar, kedisiplinan, dan tanggung jawab secara bersama-sama terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dari besarnya koefisien kontribusi berganda adalah Fhitung sebesar 27,596 dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat kontribusi yang positif motivasi belajar terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dengan besarnya kontribusi antara variabele X1 terhadap Y yaitu dengan t1 = 3,625 > ttabel = 1,653 (dengan N = 198 dan α = 0,05) (3) Terdapat kontribusi yang positif kedisiplinan terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dengan besarnya kontribusi antara variabel X2 terhadap Y yaitu dengan t2 = 3,205 > ttabel = 1,653 (dengan N = 198 dan α = 0,05) Maka dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (4) Terdapat kontribusi yang positif tanggung jawab siswa terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dengan besarnya kontribusi antara variabrl X3 terhadap Y yaitu dengan t3 = 3,722 > ttabel = 1,653 (dengan N = 198 dan α = 0,05)
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, kedisiplinan, tanggung jawab, mutu belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 11:46 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27390 |
Actions (login required)
View Item |