Kontribusi Motivasi , Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Terhadap Mutu Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal

Suprapti, Suprapti and , Dr. Eko Supriyanto and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Kontribusi Motivasi , Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Terhadap Mutu Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar, kedisiplinan dan tanggung jawab terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (2) Untuk mengetahui kontribusi motivasi terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (3) Untuk mengetahui kontribusi kedisiplinan terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (4) Untuk mengetahui kontribusi tanggung jawab terhadap mutu belajar IPA pada siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 458 siswa, sampel yang digunakan berjumlah 198 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat kontribusi motivasi belajar, kedisiplinan, dan tanggung jawab secara bersama-sama terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dari besarnya koefisien kontribusi berganda adalah Fhitung sebesar 27,596 dengan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat kontribusi yang positif motivasi belajar terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dengan besarnya kontribusi antara variabele X1 terhadap Y yaitu dengan t1 = 3,625 > ttabel = 1,653 (dengan N = 198 dan α = 0,05) (3) Terdapat kontribusi yang positif kedisiplinan terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dengan besarnya kontribusi antara variabel X2 terhadap Y yaitu dengan t2 = 3,205 > ttabel = 1,653 (dengan N = 198 dan α = 0,05) Maka dapat dikatakan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kedisiplinan terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. (4) Terdapat kontribusi yang positif tanggung jawab siswa terhadap Mutu belajar IPA siswa SDN se- Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal, yang ditunjukkan dengan besarnya kontribusi antara variabrl X3 terhadap Y yaitu dengan t3 = 3,722 > ttabel = 1,653 (dengan N = 198 dan α = 0,05)

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kedisiplinan, tanggung jawab, mutu belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Jan 2014 11:46
Last Modified: 26 Oct 2021 04:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27390

Actions (login required)

View Item View Item