Sariani, Paran and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (2013) Pengelolaan Supervisi Pembelajaran di SD Cangkiran 2 Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi_Paran.pdf Download (243kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
04.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan supervisi pembelajaran di SD Cangkiran 2 Semarang, (2) pelaksanaan supervisi pembelajaran di SD Cangkiran 2 Semarang, dan (3) pertemuan balikan supervisi pembelajaran di SD Cangkiran 2 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Supervisi pembelajaran di SD Cangkiran 2 Semarang dilakukan dengan penuh perencanaan. Kepala sekolah mempersiapkan tiga instrumen supervisi yang meliputi instrumen administrasi, instrumen pelaksanaan pembelajaran, dan instrumen kelas. Guru yang disupervisi digilir sesuai dengan nomor urut kepegawaian (DUK). (2) Supervisi pembelajaran di SD Cangkiran 2 Semarang dilaksanakan dengan teknik observasi kelas. Kepala sekolah masuk kelas sesuai dengan jadwal yang ditentukan dengan membawa instrumen supervisi dan alat perekam yang sudah dipasang sebelumnya. Adapun hal yang dinilai oleh kepala sekolah meliputi administrasi guru, pelaksanaan pembelajaran dan juga pengelolaan kelas. (3) Pertemuan balikan supervisi pembelajaran SD Cangkiran 2 Semarang dilakukan satu hari setelah supervisi dilaksanakan. Pertemuan balikan tersebut membahas hasil supervisi terutama kelebihan dan kekurangan guru yang melibatkan guru yang disupervisi dan juga teman sejawat. Kepala sekolah menggunakan prinsip kontekstual dalam membahas hasil supervisi dan menayangkan hasil rekaman dari aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | supervise, perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:34 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27386 |
Actions (login required)
View Item |