Perancangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Berbasis Android

Haryasena, Jarot Anton and , Husni Thamrin, S.T, M.T, Ph.D and , Muhammad Kusban, S.T, M.T. (2013) Perancangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi_ilmiah.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_depan.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._daftar_pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mengubah model, pola dan media pembelajaran di dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sendiri sudah banyak aplikasi multimedia pembelajaran baik untuk anak-anak maupun orang dewasa baik itu dalam bentuk aplikasi ataupun game edukasi. Game edukasi sendiri telah dibuktikan dapat menunjang proses pendidikan, dan game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah adanya animasi yang mampu menarik perhatian anak dalam mengenal suatu hal dan juga dapat meningkatkan daya ingat anak tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba membuat sebuah game yang mampu digunakan untuk anak usia dini dalam melatih daya ingatnya dan sambil mengenal angka, huruf, hewan, buah dan juga warna. Pengolahan permainan dalam game ini menggunakan eclipse sebagai media untuk perancangan dan pembuatannya serta menggunakan sistem operasi android jelly bean untuk media pengoperasiannya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi yang mampu digunakan untuk melatih daya ingat pada anak dan hasil pengujian yang dilakukan bahwa game ini bernilai cukup baik untuk melatih daya ingat sambil mengenal angka, huruf, hewan, buah, dan warna dengan menganalisa hasil kuesioner yang diberikan kepada guru di TK Aisyiyah Karangwoni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, edukasi, melatih daya ingat
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2014 08:14
Last Modified: 02 Nov 2022 08:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27353

Actions (login required)

View Item View Item