Retnaningsih, Deni Ayu and , Joko Sutarso, SE., M.Si. and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kabupaten Blora (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Media Relations Humas Kantor Pemerintah Kabupaten Blora Dalam Mengoptimalkan Fungsi Publisitas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi_.pdf Download (614kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (731kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
Abstract
Humas pemerintah bertugas untuk memberikan informasi kepada pemerintah mengenai pendapat-pendapat umum dari masyarakat dan sebaliknya humas pemerintah meneruskan informasi-informasi dari pemerintah kepada masyarakat. Maka dari itu humas pemerintah di katakan sebagai mulut, mata dan telinga dari pemerintah. Humas Pemerintah Kabupaten Blora mengimplementasikan strategi media relations guna menjalankan peran pentingnya dalam membuka ruang publik untuk mendapatkan akses informasi publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan strategi media relations humas Kantor Pemerintah Kabupaten Blora dalam mengoptimalkan fungsi publisitas. Untuk menganalisisnya digunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Setelah itu, hasil dari wawancara, observasi, dan studi dokumentasi tersebut diolah menjadi hasil penelitian untuk dijadikan pembahasan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa humas Pemerintah Kabupaten Blora telah mengimplementasikan strategi media relations yang diterapkan kedalam bentuk-bentuk media relations yang dibagi menjadi dua yakni kegiatan personal dan profesional. Bentuk kegiatan personal meliputi kegiatan coffe morning, media tour, outbond, dan resepsi pers. Sementara untuk kegiatan profesional meliputi press release,interview, konferensi pers, dan liputan bersama. Selain pendekatan tersebut humas juga memberikan kemudahan serta keterbukaan atau transparansi kepada wartawan dan memberikan fasilitas seperti press rooms dan media kit dengan harapan yang akan memudahkan wartawan dalam menjalankan pekerjaanya sebagai pemburu berita. Melalui kegiatankegiatan media relations yang diterapkan di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Blora hubungan antara humas dengan segala lini media massa menjadi harmonis baik hubungan personal maupun hubungan kelembagaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Humas Pemerintah, Media Relations, Publisitas |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 07:53 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27349 |
Actions (login required)
View Item |