Identitas Seksualitas Remaja dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Pencarian Identitas Homoseksual Oleh Remaja Dalam Film The Love Of Siam)

Dwi Marliana, Sekar (2013) Identitas Seksualitas Remaja dalam Film (Analisis Semiotika Representasi Pencarian Identitas Homoseksual Oleh Remaja Dalam Film The Love Of Siam). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (363kB)
[img]
Preview
PDF (Bab. I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab. II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab. III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab. IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab. V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (26MB)

Abstract

Homoseksual adalah salah satu orientasi seksual dimana pelaku tertarik kepada sesama jenis. Homoseksual ini dianggap sebagai orientasi seksual yang abnormal didalam masyarakat dan bisa terjadi kepada siapa saja tidak tekecuali pada remaja. Pada usia remaja banyak dari mereka yang terjerumus pada orientasi seksual yang dianggap abnormal ini. Karena banyak dari mereka yang tidak mengenal identitas seksualnya sendiri dan mencari-cari identitas seksualnya. Dalam proses pencarian identitas seksual pada remaja melalui empat tahap yaitu sensititsasi, dissociation and signification, pandangan sosial dan pengakuan. Hal tersebut representasikan melalui tanda-tanda yang terdapat dalam film yang berjudul The Love Of Siam. Film merupakan alat komunikasi massa yang dapat memberikan pesan-pesan kepada masyarakat. Tujuan dari peneltian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pencarian identitas seksual oleh remaja di representasikan melalaui tanda-tanda yang terdapat dalam film The Love Of Siam. Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotika komunikasi. Data dalam penelitian ini diambil dari scene-scene yang terdapat dalam film The Love Of Siam yang berfokus pada visualisasi simbol baik verbal maupun nonverbal, selain itu juga dengan melakukan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Analisis dilakukan melalui dua tahap yaitu pemaknaan secara denotasi dan tahap kedua yaitu pemaknaan secara konotasi, dalam tahap kedua terdapat mitos. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya tanda-tanda yang terdapat dalam scene-scene yang merepresentasikan pencarian identitas seksual oleh remaja, memberikan pesan kepada masyarakat bahwa dalam mencari identitas homoseksual yang dilakukan oleh remaja melalui empat tahap yaitu sensititsasi, dissociation and signification, pandangan sosial dan pengakuan. Jadi menjadi seorang homoseksual yaitu bukanlah karena pilihan sadar, melainkan terjadi secara alamiah dengan melalui empat tahap tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Homoseksualitas, Identitas Seksual, Remaja, Film, Semiotik.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 09 Jan 2014 12:58
Last Modified: 09 Jan 2014 13:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27338

Actions (login required)

View Item View Item