Lestari, Febriani Puji and , Moh.Toharuddin, S.Pd,.M.A, and , Palupi, M.A (2013) Strategi Komunikasi Pemasaran Kampung Wisata Batik Kauman Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (475kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (683kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Batik merupakan bagian karya seni budaya masyarakat Jawa dan diwariskan secara turun temurun yang wajib dilindungi dan dilestarikan. Awalnya produk batik hanya berupa kain yang berfungsi sebagai perangkat upacara adat Jawa, namun kini produk batik sangatlah beragam sesuai selera dan kebutuhan masyarakat. Kampung Kauman memiliki cukup potensi yang bisa dikembangan khususnya di bidang pariwisata. Kampung Kauman berpotensi sebagai tempat untuk membangun dan mengembangkan sebuah home industry khususnya pada industri batik. Studi ini berusaha menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kampung Wisata Batik Kauman Surakarta dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran Kampung Wisata Batik Kauman dalam hal periklanan media cetak Kampung Wisata Batik Kauman menggunakan media brosur dan kartu nama, Ada beberapa pelaku usaha di Kampung Batik Kauman yang menggunakan media internet website dan email. Kampung Wisata Batik Kauman melakukan promosi penjualan dengan cara mengadakan atraksi wisata dan pameran dagang serta word of mouth atau mulut ke mulut. Kegiatan public relations yang dilakukan yaitu peran Paguyuban Kampung Wisata Kauman yang melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Solo tentang hal-hal yang berkaitan dengan Kampung Wisata Batik Kauman, dan yang terakhir yang dilakukan adalah kegiatan personal selling. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa kebanyakan wisatawan yang berkunjung mengetahui tentang keberadaan dan ingin berbelanja di Kampung Wisata Batik Kauman yaitu dari informasi mulut kemulut (word of mouth).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Batik Solo, Kauman |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Jan 2014 09:51 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 01:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27329 |
Actions (login required)
View Item |