Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie Fast Rock (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie FAST ROCK Kota Surakarta)

Utomo, Ari Prasetyo and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie Fast Rock (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Komunikasi Pemasaran Band Indie FAST ROCK Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (321kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAST ROCK merupakan salah satu band indie asal Kota Surakarta yang berdiri pada tahun 2006 yang telah berhasil dalam mempertahankan statusnya sebagai band indie label dalam menghadapi persaingan pangsa musik dengan major label. FAST ROCK juga di kenal sebagai band Iron Maiden-nya Kota Surakarta karena Iron Maiden merupakan band tingkat dunia yang berdiri di London oleh Steve Harris pada tahun 1975 dan FAST ROCK sangat mengidolakannya sehingga mengeluarkan single pertamanya dengan meng-cover lagu dari Iron Maiden yang berjudul ALEXANDER THE GREAT serta dalam waktu dekat ini akan meluncurkan single kedua mereka yang berjudul SESAT. Sehingga peneliti tertarik pada bagaimanakah strategi yang dilakukan FAST ROCK dalam menghadapi persaingan musik major label terhadap indie label yang lebih dikenal dengan musik idealis dan kreatif. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dimana peneliti hanya mendeskripsikan objek berdasarkan fakta dan dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Validitas penelitian ini menggunakan triangulasi data dan teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian FAST ROCK terdapat analisis SWOT sebagai analisis dengan menfaktor-faktorkan, yakni adanya faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor ekternal (ancaman dan peluang) hal ini untuk mengetahui FAST ROCK akan tetap selalu mempertahankan statusnya sebagai band indie label. Selanjutnya strategi komunikasi yang telah di lakukan oleh FAST ROCK lebih ke bauran promosi (promotion mix) yakni pertama, adanya media iklan yang berperan seperti stiker, brosur, pamplet, dan surat kabar “Suara Merdeka”. Kedua, publikasi melalui media sosial seperti facebook dan youtube yang saat ini memiliki segmentasi dalam media promosi on-line sangat luas untuk merambah konsumen dan calon konsumen atau penggemarnya. Ketiga, pemasaran sponsorship yang terdapat di FAST ROCK adalah SOP Production, Defendrs of Surokarto, dan RRI (Radio Republik Indonesia) Surakarta. Ke-empat, pemasaran secara langsung yang telah dijalani oleh FAST ROCK yakni mereka menganut sistem konsep yang berbeda-beda setiap event berlangsung disuatu tempat, seperti di-THR Sriwedari Surakarta yang dikenal dengan Classic Rock-nya, di-Jogja Squar yang bertajuk Jogja Rock X-Tended, dan RRI (Radio Republik Indonesia) Surakarta bertajuk Rock Progresif

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi Pemasaran dan FAST ROCK.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Jan 2014 13:00
Last Modified: 23 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27323

Actions (login required)

View Item View Item