Public Relations Dan Media Relations (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Hotel Ibis Solo)

Hakim, Wahid Faysal and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Agus Triyono, S.Sos, M.Si (2013) Public Relations Dan Media Relations (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Hotel Ibis Solo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa perhotelan, hotel Ibis Solo senantiasa berusaha untuk mencapai visi misi yang diharapkan demi sebuah tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik. Demi keberlangsungan aktivitas perhotelan, maka perlu komunikasi yang terjalin dengan publik yang ada. Penyampaian berupa informasi yang dilakukan oleh praktisi public relatios tidak lain untuk meningkatkan citra positif hotel Ibis Solo. PR hotel Ibis Solo dengan bantuan media massa maka informasi akan tersebar luas dan akan memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembentukan opini. Karena dalam perkembangannya saat ini, media massa sangat terbuka dengan semua kalangan, baik individu ataupun kelompok. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi yang dijalankan hotel Ibis Solo dalam kegiatan media relations serta melihat tanggapan wartawan tentang pelaksanaannya. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif, dalam hal ini peneliti menggambarkan kegiatan yang terjadi berdasraka fakta dan data yang diperoleh melalui wawancara (interview) dengan informan, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan Purposive Sampling, serta menggunakan teknik analisis data dengan tiga tahapan awal, ketiga tahapan tersebut adalah Open Coding, Axial Coding, dan Selective Coding. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa beberapa hal yang diperlukan dalam media relations adalah good will, trust, dan keterbukaan. Bentuk kegiatan media relations yang dilakukan hotel Ibis solo meliputi pressrelease, media gathering, press conference, media visit. Strategi dan pendekatan media relations yang diterapkan PR hotel Ibis yaitu senantiasa menjalin hubungan kedekatan personal dengan insan media terutama para wartawan, yakni melalui telepon atau pun sms, dan menggunakan jejaring social facebook atau pun whatapp, serta menjalin hubungan secara terus-menerus dan berkelanjutan, selain itu juga memberikan kemudahan dan keterbukaan akan infomasi dalam setiap peliputan serta menyediakan fasilitas bagi rekan media.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Media Relations dan Citra
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Jan 2014 11:36
Last Modified: 23 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27302

Actions (login required)

View Item View Item