Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Merokok Pada Siswa SMK Muhammadiyah Kartasura

Kurniawan, Fariza Tandhi and , Sulastri, S.Kp., M.Kes and , Winarsih Nur Ambarwati, S.Kep, Ns, ETN, M.Kep (2013) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Merokok Pada Siswa SMK Muhammadiyah Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (864kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (388kB)

Abstract

Perilaku merokok pada remaja merupakan bentuk perkembangan remaja, khususnya pada masa pencarian jati diri. Pengetahuan remaja tentang bahaya merokok berdampak pada perilaku remaja pada perilaku merokok. Tingginya perilaku merokok pada remaja SMA merupakan masalah yang harus diatasi agar remaja tidak terjerumus pada perilaku yang merugikan kesehatan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja terhadap bahaya merokok. Penddikan kesehatan merupakan salah satu metode yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perilaku merokok terhadap tingkat pengetahuan dan sikap siswa SMK Muhammadiyah Kartasura. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pre test post test desaign. Sampel penelitian adalah 80 siswa SMK Muhammadiyah Surakarta yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dengan pemberian pendidikan kesehatan menggunakan ceramah dan leaflet, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan pendidikan kesehatan. Teknik pengolahan data menggunakan teknik t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pengetahuan siswa sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan tentang perilaku merokok sebagian besar cukup, (2) sikap siswa sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan tentang perilaku merokok sebagian besar adalah buruk, (3) pengetahuan siswa setelah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang perilaku merokok sebagian besar adalah baik, (4) sikap siswa setelah mendapatkan pendidikan kesehatan tentang perilaku merokok sebagian besar adalah baik, (5) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang perilaku merokok terhadap pengetahuan siswa SMK Muhammadiyah Kartasura, dan (6) terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang perilaku merokok terhadap sikap siswa SMK Muhammadiyah Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, perilaku merokok
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Dec 2013 11:26
Last Modified: 01 Jun 2016 10:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27219

Actions (login required)

View Item View Item