Pengaruh Pendidikan Islam Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Dan V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri I Jiwan Karangnongko Klaten Tahun Ajaran 2011/2012

Habibburahman, Gibran Nur and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Dra. Chusniatun, M.Ag. (2013) Pengaruh Pendidikan Islam Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Dan V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri I Jiwan Karangnongko Klaten Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (468kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (987kB)

Abstract

Tujuan pendidikan Islam yang sejalan dengan misi Islam adalah suatu yang diharapkan tercapai setelah usaha atau kegiatan selesai. Pendidikan Agama Islam juga mempunyai tujuan yang sesuai dengan tujuan diciptakannya manusia oleh Allah SWT, yaitu menjadi “Insan Kamil”. Insan Kamil artinya manusia utuh rohani dan jasmaninya, dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena taqwanya kepada Allah SWT. Pengaruh pendidikan islam dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa sangat erat hubungannya dengan peran seorang guru terhadap anak didiknya, maka guru diartikan pendidik yang memproses pembentukan akhlak anak siswa dan mencerdaskan siswa dalam pembelajaran di sekolah. Adapun permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah : Adakah Pengaruh Pendidikan Islam Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri I Jiwan Karangnongko Klaten tahun pelajaran 2011/2012 ? Sejak awal berdirinya SD Negeri I Jiwan Karangnongko Klaten, para pendiri memang termotivasi untuk memperbaiki serta meningkatkan akhlak para penerus bangsa disamping mewujudkan hasil tamatan yang siap kerja pada dunia kerja tingkat Nasional/Internasional. Maka dalam skripsi ini penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang Pengaruh Pendidikan Islam Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri I Jiwan Karangnongko Klaten. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pendidikan Islam Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri I Jiwan Karangnongko Klaten tahun pelajaran 2011/2012. Dari hasil analisis korelasi yang didapat dari korelasi product moment, didapat rxy sebesar -0,167 yang menunjukkan adanya korelasi negatif yang sangat lemah, karena besar rxy antara 0,00-0,20 yang secara sederhana menunjukkan adanya korelasi yang sangat lemah. Adapun hasil rxy sebesar -0,167 setelah dibandingkan dengan r table product moment dengan N = 42, pada taraf signifikansi 1% didapat nilai 0,393 dan pada taraf signifikansi 5% didapat nilai 0,304. Hasil akhir r hitung > r table atau -0,167 < 0,393 atau -0,167 < 0,304, dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan adalah ditolak secara matematik dengan korelasi negatif. Rekomendasi : Pendidikan Islam berwujud kepribadian orangtua memberikan sumbangan positif terhadap prestasi anak, maka pembiasaan keteladanan sangat dibutuhkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam dalam keluarga dan Prestasi siswa di sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Dec 2013 11:33
Last Modified: 29 Oct 2021 14:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27194

Actions (login required)

View Item View Item