Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Upaya Pencegahan Malaria Dengan Kejadian Malaria Pada Anak Usia 0-9 Tahun Di PUSKESMAS Timika Jaya Mimika Papua

Rahayu, Suci Wulandari and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes and , Endang Zulaicha, S.Kp (2013) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Upaya Pencegahan Malaria Dengan Kejadian Malaria Pada Anak Usia 0-9 Tahun Di PUSKESMAS Timika Jaya Mimika Papua. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (473kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (464kB)

Abstract

Angka kejadian malaria di daerah Timika Jaya Mimika masih tinggi. data Dinas Kesehatan Timika Jaya Mimika Papua 2011 dari bulan Januari sampai Desember dengan jumlah 156 anak yang terjangkit malaria. Tingginya angka kejadian malaria banyak dipengaruhi oleh berbagai factor, seperti alam di Timika yang mendukung berkembang biaknya nyamuk anopheles. Kejadian malaria pada anak sebenarnya dapat dicegah salah satunya adalah pengetahuan yang baik pada ibu untuk melakukan upaya pencegahan malaria. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang upaya pencegahan malaria dengan kejadian malaria pada anak usia 0-9 tahun di Puskesmas Timika Jaya Mimika Papua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pendekatan penelitian secara cross sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang mempunyai anak berumur 0 sampai 9 tahun di Desa Mimika Jaya, Timika Papua berjumlah 64 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner baik variabel pengetahuan tentang upaya pencegahan malaria, dan variabel kejadian malaria. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan 22 responden (34,4%) dengan pengetahuan tinggi, 14 responden (21,9%) dengan pengetahuan Cukup, dan 28 responden (43,8%) dengan pengetahuan kurang. Sebanyak 38 anak responden (59,4%) mengalami kejadian malaria, 26 anak responden (40,6%) tidak mengalami kejadian malaria dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai x2 = 7,898 dengan p = 0,019. Keputusan hipotesis yang diambil adalah Ho ditolak, sehingga kesimpulannya adalah ada hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang upaya pencegahan malaria dengan kejadian malaria pada anak usia 0-9 tahun di Puskesmas Timika Jaya Mimika Papua.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kejadian Malaria, Anak Usia 0-9 tahun
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2013 06:36
Last Modified: 02 Jun 2016 00:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27149

Actions (login required)

View Item View Item