Perancangan Simulasi Alat Bantu Pemindah Barang Pada Industri Manufaktur Dengan Robot Lengan (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri UMS)

Putra, Harditya Pratama and , A. Kholid Al Ghofari S.T., M.T. and , Ratnanto Fitriadi, S.T., M.T (2013) Perancangan Simulasi Alat Bantu Pemindah Barang Pada Industri Manufaktur Dengan Robot Lengan (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (647kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._bab_1.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab III)
06._bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] PDF (Bab V)
08._bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._daftar_pustaka.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (805kB)

Abstract

Robot lengan adalah salah satu dari banyak robot yang sering digunakan untuk melakukan pekerjaan berat dan berulang-ulang pada industri manufaktur. Pada penelitian ini, penulis akan membuat sebuah simulasi robot lengan pemindah barang dengan robot ukuran minimalis dengan IC mikrokontoler ATMega8535 dan bahasa pemrograman C beserta diagram ladder sebagai program PLC. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perancangan robot lengan pemindah barang berbasis mikrokontroler ATMega8535 sebagai media pembelajaran di laboratorium teknik industri Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mengetahui cara kerja robot lengan pemindah barang di laboratorium teknik industri Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tahap perancangan robot lengan ini, terdiri dari dua tahapan yaitu merancang hardware dan software robot. Merancang hardware robot lengan yaitu merakit robot lengan, membuat rangkaian minimum system, regulator, dan sensor proximity. Sedangkan merancang software robot lengan yaitu menginstal software dan memprogram robot lengan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa robot lengan dikendalikan dengan IC mikrokontroler ATMega8535 dengan bahasa pemrograman C dan diagram ladder. Robot lengan akan bergerak mengambil dan memindahkan objek apabila terdapat objek yang berhenti tepat pada sensor proximity yang terhubung langsung ke PIND.5 IC mikrokontroler ATmega8535. Robot lengan berbasis mikrokontroler ini akan diintegrasikan dengan conveyor ukuran minimalis yang dilengkapi dengan berbagai sensor seperti warna dan proximity dan diprogram menggunakan diagram ladder dengan software GMWIN 4.0.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Robot lengan, IC mikrokontoler ATMega8535, Pemrograman bahasa C, diagram ladder, dan PLC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Dec 2013 06:26
Last Modified: 07 Nov 2021 13:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27145

Actions (login required)

View Item View Item