Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Kadar Hemoglobin dengan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kerja Wanita Industri Rumah Tangga Lia Garmen Boyolali

Pertiwi, Anggun Putri and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Rusdjiyanto, SKM.,M.Si (2013) Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Kadar Hemoglobin dengan Produktivitas Kerja pada Tenaga Kerja Wanita Industri Rumah Tangga Lia Garmen Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan. Status gizi merupakan faktor penentu produktivitas kerja. Tenaga kerja yang berstatus gizi tidak normal mempunyai gerakan lamban dan kurang lincah dalam bekerja sehingga produktivitas kerja rendah. Asupan Fe yang tidak memadai akan menurunkan kadar Hb yang mengakibatkan anemia. Dampak seseorang yang anemia, kebugaran tubuh dan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah sakit, tidak semangat, dan tidak dapat berkonsentrasi, sehingga akan lamban dalam bekerja yang dapat menurunkan produktivitas kerja. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Indeks Massa Tubuh dan kadar hemoglobin dengan produktivitas kerja pada tenaga kerja wanita industri rumah tangga Lia Garmen Boyolali. Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel adalah seluruh bagian populasi yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebanyak 40 subjek. Nilai IMT diperoleh dengan mengukur BB dan TB, kadar Hb diperoleh dengan menggunakan metode Hemocue, sedangkan produktivitas kerja diperoleh dengan menghitung jumlah hasil produksi selama sehari. Uji korelasi yang digunakan adalah uji Rank Spearman. Hasil. Dari 40 subyek penelitian didapatkan pekerja yang mempunyai status gizi normal berdasarkan IMT (42,5%) dan tidak normal (57,5%), pekerja yang mengalami anemia (55,0%) dan tidak anemia (45,0%), pekerja yang produktif (42,5%) dan tidak produktif (57,5%). Hasil uji Rank Spearman hubungan IMT dengan produktivitas kerja menunjukkan nilai p = 0,042 dan uji Rank Spearman hubungan kadar Hemoglobin dengan produktivitas kerja menunjukkan nilai p = 0,001. Kesimpulan. Terdapat hubungan antara Indeks Massa Tubuh dan kadar hemoglobin dengan produktivitas kerja pada tenaga kerja wanita industri rumah tangga Lia Garmen Boyolali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja Wanita, Indeks Massa Tubuh, Kadar Hemoglobin, Produktivitas Kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2013 13:05
Last Modified: 09 Sep 2022 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27083

Actions (login required)

View Item View Item