Farihatin, Anisa Rohmati and , Lisnawati Ruhaena,S.Psi,M.Psi and , Drs. Saifudin Zuhri, M.Ag (2013) Kegiatan Membaca Buku Cerita Dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (559kB) |
Abstract
Kegiatan membaca yang dilakukan oleh orangtua bersama-sama dengan anak merupakan suatu cara untuk mengembangkan kemampuan atau ketrampilan anak dalam mengembangkan kemampuan literasi dasar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana orangtua mengembangkan kemampuan literasi dasar anak usia dini melalui kegiatan membaca buku cerita. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu dari anak usia ± 4-6 tahun yang bersekolah di TK-IT Nur Hidayah Surakarta yang melakukan kegiatan membaca buku cerita bersama anak. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 6 informan. Kegiatan membaca buku cerita dalam pengembangan kemampuan literasi dasar anak dalam penelitian ini akan diamati dan juga digali melalui metode wawancara dan observasi, yang dilakukan dengan menggali informasi mengenai kegiatan membaca buku cerita yang dilakukan orangtua bersama dengan anak didalam rumah, jenis buku cerita yang disukai oleh anak, dan manfaat dari kegiatan manfaat membaca buku cerita dalam meningkatkan kemampuan literasi dasar anak usia dini. Berdasarkan pada hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kegiatan membaca buku cerita yang dilakukan orangtua bersama anak meliputi proses anak diajak untuk membaca buku cerita, ketika anak belum dapat membaca maka anak akan membolak-balik buku cerita dan hanya melihat-lihat gambar sampai anak dapat membaca kata yang ada dalam buku cerita tersebut. Kegiatan membaca buku cerita bersama anak yang dilakukan oleh orangtua yang berprofesi IRT waktu kegiatannya lebih lama dan lebih sering dilakukan dibandingkan dengan orangtua yang berprofesi sebagai profesional. Jenis buku yang disukai oleh anak menurut orangtua yang berprofesi IRT dan profesional adalah sama yaitu buku cerita yang berisi cerita yang ringan, sesuai usia anak dan imajinatif. Seluruh informan yaitu orangtua yang berprofesi IRT dan profesional berpendapat bahwa manfaat dari kegiatan membaca buku cerita untuk kemampuan literasi dasar anak yaitu sebagai sarana belajar bahasa asing yaitu bahasa selain bahasa ibu, anak jadi sering bertanya ketika ada kosa kata yang tidak diketahui dan membuat anak lebih senang membaca serta pengetahuan anak bertambah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku cerita, literasi dasar, anak usia dini |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 08:18 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27023 |
Actions (login required)
View Item |