Peningkatan Keterampilan Menemukan Kalimat Utama Sebuah Bacaan Melalui Penerapan Membaca Interaktif Dengan Metode Kontektual Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Karangwono 01 Tahun 2013/2014

Astuti, Puji and , Dr. Samino, MM (2013) Peningkatan Keterampilan Menemukan Kalimat Utama Sebuah Bacaan Melalui Penerapan Membaca Interaktif Dengan Metode Kontektual Learning Pada Siswa Kelas IV SDN Karangwono 01 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (240kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan belajar siswa dalam menemukan kalimat utama sebuah bacaan. Prosedur penelitian meliputi: permasalahan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan belajar siswa dalam menemukan kalimat utama sebuah bacaan. Sebelum pelaksanaan tindakan ketrampialn siswa rendah. Rata-rata nilai ketrampilan siswa dalam menemukan kalimat utama hanya 67,85. Setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I maka ketrampilan siswa meningkat rata-rata nilai ketrampilan siswa menjadi 74,76. Pada Siklus II ketrampilan siswa meningkat lagi, rata-rata nilai ketrampilan siswa dalam menemukan kalimat utama menjadi 83. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan membaca interaktif dengan metode Konstektual Learning dapat meningkatkan ketrampilan belajar siswa dalam menemukan kalimat utama sebuah bacaan pada siswa kelas IV SD Negeri Karangwono 01 tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan menemukan kalimat utama, Membaca Interktif, Metode Kontektual Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:35
Last Modified: 31 Oct 2021 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27017

Actions (login required)

View Item View Item