Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Alfa Holistik Revolution Learning (AHREL) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trangkil 06 Kabupaten Pati Tahun 2013/2014

Sekti, Yuni and , Drs. Suwarno, M Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Strategi Alfa Holistik Revolution Learning (AHREL) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trangkil 06 Kabupaten Pati Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_publikasi.pdf

Download (420kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._halaman_depan.pdf

Download (497kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika melalui penggunaan strategi Alfa Holistik Revolution Learning (AHREL) pada siswa kelas IV SD Trangkil 06 Kabupaten Pati Tahun 2013/2014. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Trangkil 06. Obyek penelitian adalah Strategi Alfa Holistik Revolution Learning (AHREL) dan keaktifan belajar. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru dan siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes,dan wawancara. Prosedur penelitian terdiri identifikasi masalah, perencanaan, penyusunan program tindakan, pelaksanaan tindakan (Siklus I dan II), pengamatan, dan analisis serta refleksi. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Tehnik analisis yang digunakan adalah tehnik diskriptif interaktif. Pada kondisi awal siswa kurang aktif, keaktifan siswa hanya 41% dan pencapaian KKM Matematika hanya 46,2%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 61% dan ketercapaian KKM sebesar 73%. Penelitian dilanjutkan ke Siklus II dengan mengadakan perbaikan dalam pembelajaran. Hasil penelitian di Siklus II menunjukkan keaktifan siswa meningkat menjadi 85% dan pencapaian KKM ikut meningkat menjadi 96,2 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Strategi Alfa Holistik Revolution Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Trangkil 06 tahun 2013/2014 mata pelajaran matematika materi sifat-sifat operasi hitung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Alfa Holistik Revolution Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2013 08:33
Last Modified: 31 Oct 2021 07:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26998

Actions (login required)

View Item View Item