Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Karangkonang Tahun 2013/2014

Sutikno, Sutikno and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2013) Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Karangkonang Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_PUBLIKASI_KARYA_ILMIYAH.pdf

Download (326kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (423kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4_BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
6_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan berpikir dan hasil belajar Matematika melalui metode Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Karangkonang Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Karangkonang Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Sedangkan obyek penelitiannya adalah keterampilan berpikir dan metode Student Facilitator and Explaining. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keterampilan berpikir matematika siswa mengalami peningkatan yang dapat dilihat pada indikator peningkatan keterampilan berpikir yaitu perhatian terhadap materi pelajaran siklus I 27,27% pada siklus II 81,81%, kreatifitas siswa dalam kelompok pada siklus I 36,36 ,% pada siklus II 72,72%, kemampuan bertanya atau menjawab pertanyaan maupun berpendapat pada siklus I 54,54% pada siklus II 81,81% dan dapat menjawab pertanyaan dengan benar pada siklus I 45,45% pada siklus II 72,72%. Selain peningkatan keterampilan berpikir juga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I dari 11 siswa yang hadir terdapat 45,45% siswa yang mendapat nilai ≥ 70, sebagai KKM. Pada siklus II dari 11 siswa yang hadir terdapat 90,90% siswa yang mendapat nilai ≥ 70. Dari data diatas dapat disimpulkan bawa melalui model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Karangkonang tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining,keterampilan berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 13:05
Last Modified: 31 Oct 2021 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26995

Actions (login required)

View Item View Item