ANALISIS RASIO KEUNGAN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT EFISENSI DANA PADA PT.KHARISMA ROTAN MANDIRI SUKOHARJO

SAPUTRO , DIMAS WIBOWO (2008) ANALISIS RASIO KEUNGAN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT EFISENSI DANA PADA PT.KHARISMA ROTAN MANDIRI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100990305.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
B100990305.pdf

Download (309kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: 1) Periklanan terhadap peningkatan volume penjualan produk CV. MUTIARASOLO, 2) Personal selling terhadap peningkatan volume penjualan CV. MUTIARASOLO, 3) Promosi penjualan terhadap peningkatan volume penjualan CV. MUTIARASOLO, 4) Variabel promosi yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap peningkatan volume penjualan CV. MUTIARASOLO, 5) Periklanan, personal selling dan promosi penjualan secara bersama-sama terhadap peningkatan volume penjualan CV. MUTIARASOLO. Hipotesis dalam penelitian ini: “1) Diduga periklanan mempunyai pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan produk CV. MUTIARASOLO, 2) Diduga personal selling mempunyai pengaruh terhadap peningkatn volume penjualan CV. MUTIARASOLO, 3) Diduga promosi penjualan mempunyai pengaruh terhadapa peningkatan volume penjualan CV. MUTIARASOLO, 4) Diduga personal selling mempunyai pengaruh paling besar tehadap peningkatan volume penjualan CV. MUTIARASOLO, 5) Diduga periklanan, persobnal selling dan promosi penjualan mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan volume penjualan CV. MUTIARASOLO. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Hasil analisis regresi dan uji F diketahui Fhitung > Ftabel atau 461,348 > 4,76, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama biaya periklanan, personel selling, dan promosi penjualan, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara biaya periklanan, personel selling, dan promosi penjualan terhadap volume penjualan, terbukti kebenarannya; 2) Faktor yang paling dominan diantara biaya periklanan, personel selling, dan promosi penjualan adalah biaya personel selling, hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji t: (a) Hasil perhitungan untuk periklanan terhadap volume penjualan diperoleh bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,497 > 2,447, ini berarti H0 ditolak, hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan biaya periklanan terhadap volume penjualan, (b) Dari hasil perhitungan untuk variabel biaya personel selling pengaruhnya terhadap volume penjualan diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 6,601 > 2,447 ini berarti H0 ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya personel selling terhadap volume penjualan, (c) Dari hasil perhitungan untuk variabel biaya promosi penjualan pengaruhnya terhadap volume penjualan diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 4,136 > 2,447 ini berarti H0 ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi penjualan terhadap volume penjualan; 3) Hasil analisis R2 sebesar 0,996, artinya bahwa 99,60% variasi variabel volume penjualan dapat dijelaskan oleh variasi variabel biaya periklanan, personel selling, dan promosi penjualan sedangkan sisanya yaitu 0,40% tidak dapat dijelaskan dalam penelitian. Dengan kata lain pengaruh variabel biaya periklanan, personel selling, dan promosi penjualan terhadap volume penjualan adalah 99,60% dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi peningkatan volume penjualan sebesar 0,40%, faktor lain tersebut misalnya penetapan harga, publisitas dan strategi pemasaran yang lain; 4) Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dengan hasil penelitian saat ini, ternyata biaya periklanan dan promosi penjualan mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan, oleh karena itu hasil penelitian ini konsisten dengan hasil penelitian terdahulu. Namun demikian penelitian ini menambah adanya biaya personel selling yang ternyata mempunyai pengaruh paling dominan terhadap peningkatan volume penjualan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kay Work: Periklanan, Personel Selling, Promosi Penjualan, Volume Penjualan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jun 2009 08:39
Last Modified: 16 Nov 2010 20:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item