Pujiningsih, Sri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Tentang Bilangan Romawi Di Kelas IV SD Grogolsari Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (361kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (428kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
Abstract
Fokus penelitian adalah meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Grogolsari Pucakwangi Pati. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tentang bilangan romawi di kelas IV SD Grogolsari?”.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Grogolsari pada pembelajaran Matematika tentang bilangan romawi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis Peneltian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Grogolsari yang berjumlah 19 siswa dengan komposisi 9 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Metode analisis data mengunakan diskriftif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pada siklus I nilai rata – rata hasil tes 71,1 dengan ketuntasan belajar 63%, pada siklus II nilai rata – rata hasil tes 82,1 dengan ketuntasan belajar 89%. Untuk motivasi belajar siswa pada siklus I 79 %, Siklus II 91%. Hal ini sudah di atas indikator keberhasilan yang diharapkan, sehingga tujuan penelitian dapat tercapai.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 12:40 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26988 |
Actions (login required)
View Item |