Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Tentang Bilangan Romawi Di Kelas IV SD Grogolsari Tahun Pelajaran 2013/2014

Pujiningsih, Sri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Tentang Bilangan Romawi Di Kelas IV SD Grogolsari Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

Fokus penelitian adalah meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Grogolsari Pucakwangi Pati. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tentang bilangan romawi di kelas IV SD Grogolsari?”.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Grogolsari pada pembelajaran Matematika tentang bilangan romawi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis Peneltian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Grogolsari yang berjumlah 19 siswa dengan komposisi 9 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Metode analisis data mengunakan diskriftif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah pada siklus I nilai rata – rata hasil tes 71,1 dengan ketuntasan belajar 63%, pada siklus II nilai rata – rata hasil tes 82,1 dengan ketuntasan belajar 89%. Untuk motivasi belajar siswa pada siklus I 79 %, Siklus II 91%. Hal ini sudah di atas indikator keberhasilan yang diharapkan, sehingga tujuan penelitian dapat tercapai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 12:40
Last Modified: 31 Oct 2021 07:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26988

Actions (login required)

View Item View Item