Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Tentang Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Dengan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Jimbung Tahun Pelajaran 2012 – 2013

Sugiyarto, Sugiyarto and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Tentang Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Dengan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Jimbung Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9__Naskah_Publikasi.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1__Halaman_Depan.pdf

Download (739kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2__BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
3__BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
4__BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
5__BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab V)
6__BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7__DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
8__LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dalam segi peningkatkan prestasi. Setelah diterapkan pembelajaran pelatihan interaktif yang menggunakan metode demontrasi pada mata pelajaran IPA. Subyek pelaksanaan penelitian dengan Kepala Sekolah setempat. Penerimaan tindakan , siswa kelas V yang berjumlah 21siswa 12 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan obsevasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kendala yang di hadapi saat penelitian antara lain: (a) Siswa masih bingung dengan kegiatan pembelajaran yang belum pernah mereka alami sebelumnya. (b) Kondisi siswa masih gaduh saat pembelajaran. (c) Siswa tampak tidak siap dalam pembelajaran dan. (d) Kebanyakan siswa masih malas untuk mempelajari materi sendiri, bertanya,menjawab pertanyaan maupun mengerjakan latihan. Data di analisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penalitian dapat disimpulkan bahwa tedapat peningkatan pestasi siswa pada mata pelajaran IPAdengan perolehan angka presentasi indikator sebelum putaran 40%, putaran I sebesar 60% putaran II 85%. Terjadi peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran dengan metode demontrasi pada pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar IPA, Alat Pencernaan Makanan pada manusia, Metode Demontrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:01
Last Modified: 31 Oct 2021 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26952

Actions (login required)

View Item View Item