Sugiyarto, Sugiyarto and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Tentang Alat Pencernaan Makanan Pada Manusia Dengan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 5 Jimbung Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
9__Naskah_Publikasi.pdf Download (343kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
1__Halaman_Depan.pdf Download (739kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2__BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
3__BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
PDF (Bab III)
4__BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
PDF (Bab IV)
5__BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab V)
6__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7__DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
8__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa dalam segi peningkatkan prestasi. Setelah diterapkan pembelajaran pelatihan interaktif yang menggunakan metode demontrasi pada mata pelajaran IPA. Subyek pelaksanaan penelitian dengan Kepala Sekolah setempat. Penerimaan tindakan , siswa kelas V yang berjumlah 21siswa 12 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Pengumpulan data dengan obsevasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kendala yang di hadapi saat penelitian antara lain: (a) Siswa masih bingung dengan kegiatan pembelajaran yang belum pernah mereka alami sebelumnya. (b) Kondisi siswa masih gaduh saat pembelajaran. (c) Siswa tampak tidak siap dalam pembelajaran dan. (d) Kebanyakan siswa masih malas untuk mempelajari materi sendiri, bertanya,menjawab pertanyaan maupun mengerjakan latihan. Data di analisis secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penalitian dapat disimpulkan bahwa tedapat peningkatan pestasi siswa pada mata pelajaran IPAdengan perolehan angka presentasi indikator sebelum putaran 40%, putaran I sebesar 60% putaran II 85%. Terjadi peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran dengan metode demontrasi pada pelajaran IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar IPA, Alat Pencernaan Makanan pada manusia, Metode Demontrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 11:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26952 |
Actions (login required)
View Item |