Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Simulasi Dan Jigsaw Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gedaren Jatinom, KlatenTahun 2013

Susilawati, Sri and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Simulasi Dan Jigsaw Siswa Kelas V SD Negeri 2 Gedaren Jatinom, KlatenTahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
HALAMAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui model Simulasi dan Jigsaw siswa Kelas V SD Negeri 2 Gedaren, Jatinom tahun 2013. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data aspek kognitif dengan tes tertulis dan data tentang aspek afektif dan psikomotorik menggunakan observasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dengan teknik deskriptif komperatif untuk membandingkan hasil antar siklus. Hasil pelitian ini menunjukkan Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA. Peningkatan motivasi siswa menunjukkan kemajuan dari kondisi awal rata-rata sebesar 48,9 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw menjadi sebesar 52,1 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 78,1 %. Peningkatan hasi belajar menunjukkan kemajuan kondisi awal rata-rata sebesar 61,25, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 66,25, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 73,13. Ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 37,50 %, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi sebesar 50 %, dan setelah diberi tindakan pada siklus II menjadi sebesar 81,25 %. Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan : “ diduga penggunaan model pembelajaran simulasi dan Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 2 Gedaren tahun 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, Simulasi, Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 10:48
Last Modified: 31 Oct 2021 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26951

Actions (login required)

View Item View Item