Upaya Peningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Dengan Metode Stad Siswa Kelas III SDN 4 Barenglor Klaten Utara Tahun Pelajaran 2013/2014

Susilawati, Susilawati and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Peningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Makhluk Hidup Dengan Metode Stad Siswa Kelas III SDN 4 Barenglor Klaten Utara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (514kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_Daftar_Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar khususnya IPA siswa kelas III SD N 4 Barenglor dengan metode STAD pada materi penggolongan makhluk hidup. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara Klaten yang berjumlah 47 siswa, yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara Klaten. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus hanya 48,9 % siswa yang nilainya di atas KKM , pada siklus pertama pertemuan pertama ada 78 % siswa yang nilainya diatas KKM, namun setelah dilakukan siklus pertama pertemuan kedua, 89% hasil belajar siswa nilainya diatas KKM. Metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD N 4 Barenglor Klaten Utara KLaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar IPA, Metode STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 10:39
Last Modified: 27 Oct 2021 07:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26950

Actions (login required)

View Item View Item