Penerapan Model Quantum Teaching Dan Trategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Karangdukuh Jogonalan Klaten Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2012/2013

Susilaningsih, Nur and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penerapan Model Quantum Teaching Dan Trategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Karangdukuh Jogonalan Klaten Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (681kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.Bab_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
4.Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab III)
5.Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
7.Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dalam menigkatkan prestasi hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Karangdukuh Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. penelitian ini menggunaka model tindakan kelas dengan jumlah 19 siswa (11 putra dan 8 putri) dan guru kelas V SD Negeri Karangdukuh. Sumber data yang digunakan yaitu : sumber data pokok (primer) yaitu siswa, guru dan Kepala Sekolah. Sumber data sekunder meliputi arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar siswa, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumen. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari data aktivitas siswa dan data prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai kolaboran atau pengamat dan peran penulis sebagai fasilitator pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi hasil belajar IPS pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangdukuh, Jogonalan, Klaten dari siklus I sebesar 63 %, siklus II sebesar 84 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Quantum Teaching, dan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Prestasi Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 07:58
Last Modified: 27 Oct 2021 07:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26949

Actions (login required)

View Item View Item