Dulkafit, Dulkafit and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Strategi STAD Pada Siswa Kelas V SDN Sumberagung 01 Jaken Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (379kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (419kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Sumberagung 01 Jaken Pati tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Sumberagung 01 Jaken Pati yang berjumlah 16 siswa. Metode atau teknik pengumpulan data kualitatif diambil melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan ada peingkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai hasil tes yang diberikan pada siklus I Aktivitas belajar matematika siswa kelas V di atas menunjukkan hasil prosentase mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat 66,25%, kerjasama dengan kelompok 70%, fokus dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru 68,75%, dan memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok 55%. Sedangkan nilai siswa yang di bawah KKM adalah 37,5% yang terdiri dari 6 siswa , sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 62,5% yang terdiri dari 10 siswa. Sedangkan aspek aktifitas belajar matematika siklus II didapat hasil: mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat 93,75%, kerjasama dengan kelompok 75%, fokus dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru 81,25%, dan memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok 80%. Dengan kata lain, nilai siswa yang di bawah KKM adalah 6,25% yang terdiri dari 1 siswa , sedangkan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 93,75% yang terdiri dari 15 siswa. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, strategi STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 11:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26932 |
Actions (login required)
View Item |