Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Ctl Pada Siswa Kelas IV SDN Growong Lor 03 Tahun 2013/2014

Arianto, Agus Dwi (2013) Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Ctl Pada Siswa Kelas IV SDN Growong Lor 03 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN_AWAL_SKRIPSI_AGUS_DWI_ARIANTO_2013.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (397kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar IPA melaluimetodeCTL. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN GrowongLor 03yang berjumlah 28siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Analisis yang digunakandalampenelitianiiniadalahanalisisdiskritifinteraktif yang meliputireduksi data, penyajian data, analisis, Kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi pra siklus, siklus I dan Siklus II, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa.keaktifanbelajarsiswakelas IV padasiklus I aktifdalammengikutidiskusi 71,42% , aktifdalampemecahanmasalah 60,71%, aktifbertanya 50%. Nialisiswa yang di bawah KKM adalah 57,14% yang terdiridari 16 siswasedangkansiswa yang memperolehnilai KKM 22,86% yang terdiridari 12 siswa.Keaktifanbelajar IPA siklus II didapathasilyaitu :aktifdalammengikutidiskusi 92,86%, aktifdalampemecahanmasalah 96,42%, aktifbertanya 82,14% . Dan nilai rata-rata kelas yang diperolehsiswapadasiklus II adalah 61,78. Siswa yang memperolehnilai di bawah KKM adalah 11,71% yang terdiridari 3 siswasiswa yang sudahmencapainilaiKKM 89,29 % yang terdiridari 28Siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan,belajar IPA,metodeCTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:36
Last Modified: 28 Nov 2013 15:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26928

Actions (login required)

View Item View Item