Wahyuningsih, Utami and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar IPS Melalui Metode STAD Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetak Kecamatan Wedarijaksa Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._naskah_pubikasi.pdf Download (389kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (496kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (140kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS melalui metode STAD pada siswa kelas IV SD Negeri Jetak Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-September. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD N Jetak yang berjumlah 27 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengamatan pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dan aktivitas belajar siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi: identifikasi masalah, perencanaan, penyusunan program tindakan, pelaksanaan tindakan (Siklus I dan II), pengamatan, dan analisis serta refleksi. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam aktivitas belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan aktivitas belajar siswa rendah. Siswa yang mencapai KKM IPS hanya 48%. Setelah dilaksanakan tindakan pada Siklus I maka aktivitas siswa meningkat menjadi 67% dan siswa yang mencapai KKM IPS meningkat menjadi 74%. Pada Siklus II aktivitas belajar siswa meningkat lagi menjadi 94% dan siswa yang mencapai KKM IPS juga ikut meningkat menjadi 96,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Metode STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Jetak Kecamatan Wedarijaksa Tahun 2013/2014 pada materi kenampakan alam Kabupaten Pati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2013 11:40 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26927 |
Actions (login required)
View Item |