Penatalaksanaan Fisioterapi Dengan Modalitas Infra Red (IR), Electrical Stimulation (ES) Dan Terapi Latihan Pada Kasus Lesi Nervus Radialis Dextra Di RSUD Sukoharjo

Prasetyo, Dedy Noor and , Agus Widodo SST.FT, M.Fis (2013) Penatalaksanaan Fisioterapi Dengan Modalitas Infra Red (IR), Electrical Stimulation (ES) Dan Terapi Latihan Pada Kasus Lesi Nervus Radialis Dextra Di RSUD Sukoharjo. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang : lesi nervus radialis adalah suatu kelainan fungsional dan struktural pada nervus radialis, kelainan diamana dihubungkan dengan adanya bukti klinis, elektrografis dan atau morfologis yang menunjukkan terkenanya saraf tersebut atau jaringan penunjangnya. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) akan memberikan dampak pada kemajuan industri akan dirasakan pada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini berakibat angka kecelakaan yang dialami masyarakat baik kecelakan kerja, kecelakaan lalu lintas, ataupun yang lainya, juga akan meningkat. Kelainan fisik ataupun kecacatan dapat dialami akibat dari kecelakaan tersebut, bahkan bisa juga mengakibatkan kematian. Salah satu contoh kasus dari kelainan fisik itu adalah terjadinya lesi nervus radialis dextra Hasil : Setelah dilakukan terapi selama 6 kali didapatkan hasil adanya nyeri diam pada T1:0 menjadi T6:0, nyeri tekan T1:0 menjadi T6:0, nyeri gerak T1:3,2 menjadi T6 :1,1, peningkatan kemampuan sensorik, tajam-tumpul T1:5/5 menjadi T6:5/5, panas-dingin T1:5/5 menjadi T6:5/5, halus kasar T1:3/5 menjadi T6:4/5, kekuatan otot fleksor wrist T1:3 menjadi T6:4, kekuatan otot ekstensor wrist T1:3 menjadi T6:4, kekuatan otot fleksor T1:5 menjadi T6:5, kekuatan otot ekstensor elbow T1:5 menjadi T6:5. Kesimpulan : IR dapat mengurangi rasa nyeri pada kondisi Lesi Nervus Radialis dextra, Electrical Stimulation (ES) dapat meningkatkan kemampuan sensorik pada kondisi Lesi Nervus Radialis dextra, terapi latihan dapat meningkatkan kekuatan otot pada kondisi Lesi Nervus Radialis dextra.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lesi Nervus Radialis dextra, Infra merah (IR), Electrical Stimulation (ES), Terapi Latihan
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2013 11:58
Last Modified: 02 Nov 2021 16:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item