Harjanto, Totok Tri and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Ceper Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (380kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan pendekatan keterampilan proses melalui metode problem based learning dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan metode konvensional di SMP Negeri 2 Ceper Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX semester gasal SMP Negeri 2 Ceper Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan sampelnya diambil sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, yang dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu uji t dua pihak dan t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa nilai tes hasil belajar matematika diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,633 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 70,567 dari hasil uji-t dua pihak diperoleh bahwa thitung = 2,500 > ttabel = 2,0021 dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 yang berarti H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui metode problem based learning berbeda dengan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional. Dari uji-t satu pihak diperoleh thitung = 2,500 > ttabel = 1,6723 pada taraf signifikan 5 %, dan dk = 58 yang berarti H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui metode problem based learning lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas IX semester gasal SMP Negeri 2 Ceper Kabupaten Klaten tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan keterampilan proses, metode problem based learning, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2013 11:11 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26887 |
Actions (login required)
View Item |