Aji, Ilham Mursito and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Tjipto Subadi, M. Si (2013) Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Based Instruction (PTK di Kelas X MA YPI Klambu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf Download (588kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (531kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (529kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (459kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan tanggung jawab belajar matematika setelah pembelajaran dengan strategi problem based instruction, 2). mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan strategi problem based instruction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan yaitu siswa kelas X MA YPI Klambu yang berjumlah 26 siswa, sedangkan obyek penelitian yaitu tanggung jawab dan hasil belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian terdapat peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari peningkatan indikator tanggung jawab belajar matematika meliputi: 1) mampu melaksanakan dan menyelesaikan tugasnya, putaran II meningkat 76,92%, 2) mampu menepati janji, putaran II meningkat 69,23%, 3) siap menerima akibat dari perbuatannya, putaran II meningkat 30,76%,. Dan peningkatan indikator hasil belajar matematika meliputi: 1) nilainya lebih dari sama dengan KKM, putaran II meningkat 92,30%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Problem Based Instruction dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tanggung jawab, hasil, Problem, Instruction. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Nov 2013 09:21 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26879 |
Actions (login required)
View Item |