Hanifah, Nurul and , Dr. H. Sabar Narimo, M.M, M.Pd. (2013) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kualitas Pergaulan Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (496kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (428kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo. 2) Untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pergaulan terhadap prestasi belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar dan kualitas pergaulan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil sebanyak 98 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 28,271 + 0,788X1 + 0.395X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar IPS dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan kualitas pergaulan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1)Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo tahun ajaran 2012/2013 . Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 6,690 >2,000dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000dengan sumbangan relatif sebesar 75% dan sumbangan efektif 34%. 2) Kualitas pergaulan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo tahun ajaran 2012/2013. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 3,140 >2,000dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan relatif sebesar 25%dan sumbangan efektif 11%. 3) Kemandirian belajar dan kualitas pergaulan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo tahun ajaran 2012/2013. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 38,488>3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000.Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,448 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemandirian belajar dan kualitas pergaulan terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukolilo adalah sebesar 44,8%, sedangkan 55,2% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Kualitas Pergaulan, dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Nov 2013 08:05 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26865 |
Actions (login required)
View Item |