PENINGKATAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MONTESSORI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang)

RISJAYANTI, RISJAYANTI (2008) PENINGKATAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE MONTESSORI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040147.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
A410040147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa sampai 75% melalui metode Montessori dengan menggunakan alat peraga. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-E SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang yang berjumlah 43 siswa, sebagai pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru matematika dan kepala sekolah SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, test, dokumentasi dan review yang dilakukan selama tiga kali putaran. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi dan minat belajar siswa pada pokok bahasan bangun ruang. Hal ini dapat dilihat kemauan siswa untuk mengerjakan tugas dari guru sebelum dilakukan tindakan sebesar 46,5% (20 siswa) di akhir putaran menjadi 90,7% (39 siswa) dan perhatian siswa pada saat poses belajar mengajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 0% di akhir putaran menjadi 75,67% (28 siswa). Sedangkan peningkatan motivasi dan minat belajar siswa dilihat dari hasil belajar siswa mencapai 75% dengan nilai diatas 75 sebelum diadakan penelitian sebesar 38,4% (15 siswa) diakhir putaran menjadi 86,04% (37 siswa). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode Montessori dengan menggunakan alat peraga pada pokok bahasan bangun ruang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa sampai 75%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, minat, metode Montessori, alat peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 07:58
Last Modified: 16 Nov 2010 21:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item