Model Pembelajaran Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Siswa (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kartasura)

Pratiwi, Tri Oktiana Endah and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Arif Wibowo, M.Ag. (2013) Model Pembelajaran Al-Qur’an untuk Meningkatkan Kualitas Bacaan Siswa (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sebagai awal untuk mencetak generasi Islam yang berwawasan Qur’ani adalah menanamkan kecintaan terhadap al-Qur’an. Salah satunya adalah perintah membaca al-Qur’an yang merupakan langkah awal bagi upaya pemahaman dan pegamalan isi kandungan al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan membaca al-Qur’an cenderung hanya sekedar membaca, menghafal, tidak memahami masing-masing huruf. Menyadari hal ini, banyak para pendidik Islam mencoba mencari cara baru yang lebih efektif dan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan siswa dalam mengajarkan al-Qur’an. Cara ini salah satunya adalah dengan model guru asuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan model guru asuh untuk meningkatkan kualitas bacaan siswa di SMK Muhammadiyah Kartasura serta implementasi setelah penerapan model guru asuh. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, para guru, dan siswa-siswa SMK Muhammadiyah Kartasura. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : (1.a) Tujuan pembelajaran al-Qur’an model guru asuh adalah target 3 tahun setelah siswa keluar atau lulus dari SMK Muhammadiyah Kartasura tidak lagi buta huruf al-Qur’an dan mampu membaca al-Qur’an dengan tepat dan lancar. (1.b) Guru yang membimbing baca al-Qur’an dalam model guru asuh tidak hanya guru pendidikan agama Islam, tetapi semua guru diharuskan mampu membimbing siswa membaca al-Qur’an (1.c) Penerapan model guru asuh dalam pembelarjaran al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kartasura dilakukan cukup intensif selama 3 kali dalam seminngu di luar jam pelajaran yakni di jam-jam istirahat. Dan di laksanakan di luar kelas. (1.d) Tekhnik yang digunakan dalam proses pembelajaran al-Qur’an model guru asuh adalah siswa membaca sendiri jilid al-Qur’an atau iqra terlebih dahulu kemudian jika bacaan mereka kurang benar, guru membenarkannya. Bagi yang belum mampu membaca al-Qur’an sama sekali, guru membaca terlebih dahulu kemudian siswa menirukan atau dengan istilah drill. (2) Implikasi setelah penerapan model guru asuh dalam pembelajaran al-Qur’an di SMK Muhammadiyah Kartasura cukup membawa pengaruh positif bagi siswa dan guru. Bagi siswa, adanya peningkatan bacaan al-Qur’an mereka dan kedekatan emosional dengan guru. Bagi guru, model pembelajaran al-Qur’an guru asuh bisa membuat para guru memahami karakter masing-masing siswanya. Model ini cukup menunjukkan keefektifan dan keberhasilan. Ini bisa dibuktikan dari hasil observasi di lapangan yang menunjukkan adanya hubungan positif antara guru dengan siswa, dimana siswa aktif dan merasa senang dalam proses pembelajaran al-Quran model guru asuh ini. Dari segi hasil, kualitas bacaan al-Qur’an siswa mengalami peningkatan. Hal ini diperoleh dari hasil wawancara penulis dengan para guru dan siswa. Keefektifan dan keberhasilan model guru asuh dalam pembelajaran al-Qur’an ini tidak lepas dari faktor-faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model, Pembelajaran, Al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 10:23
Last Modified: 29 Oct 2021 13:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26814

Actions (login required)

View Item View Item