Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam Dan Pengembangan Institusi 2004-2012 (Studi Empiri)

Sriyanti, Dewi and , Drs. Bambang Raharjo, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalam Dan Pengembangan Institusi 2004-2012 (Studi Empiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1_BAB_I_SKRIP.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
2_BAB_II_SKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
3_BAB_III_SKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
4_BAB_IV_SKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab V)
5_BAB_V_SKRIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
6_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (143kB)

Abstract

Tantangan kemajuan zaman di era globalisasi, pendidikan Islam memiliki andil dalam mencetak generasi Islam yang memiliki iman taqwa kepada Allah Swt. Dan hendaknya mereka mampu menguasai IPTEK yang berkembang pesat di era modern ini. Permasalahan dalam penelitian ini ialah mengapa PPMI Assalam mengembangkan institusi pendidikannya dan kendala yang dihadapi PPMI Assalam dalam mengembangkan institusi pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi latar belakang tujuan dikembangkannya institusi pendidikan di PPMI Assalam dan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi PPMI Assalam dalam mengembangkan institusi pendidikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bertempat di PPMI Assalam Pabelan Kartasura. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa: Pondok Pesantren Modern Islam Assalam, adalah lembaga pendidikan pesantren modern yang menghasilkan kader umat yang mempunyai kemampuan lebih, baik di bidang ilmu-ilmu agama dan kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, sains modern, teknologi dan informasi. PPMI Assalam sebagai lembaga pendidikan telah mengembangkan institusinya, mulanya hanya MTs, Takhasus, MA dan SMA, juga didirikan SMK Assalam. PPMI Assalam telah ikut serta berperan aktif dalam mengembangkan institusinya terhadap tuntutan modernisasi dengan membekali ilmu pengetahuan umum serta life skill dan ketrampilan-ketrampilan yang lain dalam mempersiapkan santri untuk mampu bersaing di era globalisasi. Kendala yang di hadapi dalam pengembangan institusi adalah masalah pertama dari segi murid yang minim. Minimnyanya murid yang masuk SMK Assalam disebabkan para santri yang masuk SMK adalah sisa dari santri yang masuk di MA dan SMA Assalam, ada pula santri yang setelah lulus MTS atau Takhasus tidak melanjutkan di PPMI Assalam. Yang ke dua disebabkan karena kurang pahamnya masyarakat akan SMK, bagi masyarakat umum, mereka memahami SMK lulusannya nanti langsung terjun ke dunia kerja, padahal lulusan SMK mampu melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Pengembangan Institusi Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2013 08:00
Last Modified: 29 Oct 2021 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item View Item