Peningkatankemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Menggambar Di TK Sukorini Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Jannah, Siti Wardlatul and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si. (2013) Peningkatankemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Menggambar Di TK Sukorini Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (123kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Sukorini Manyaran Karanggede Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dengan melalui kegiatan menggambar, dengan melalui 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi penelitian ini adalah 15 orang siswa. Metode utama pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Analisis data menggunakan analisis komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan motorik halus siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan menggambar siklus I di TK Sukorini Manyaran, mencapai rata-rata 13,46 pada kategori cukup dan pada siklus II mencapai rata-rata 17,80 pada kategori baik, sehingga terjadi kenaikan sebesar 4,34, (2) Kemampuan motorik halus anak dengan kegiatan menggambar, pada pembelajaran pra siklus yang mencapai kategori baik 45,66%, pada siklus I yang mencapai nilai baik 68,78% dan pada siklus II yang mencapai nilai baik 86,47%, sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 18%. Sedangkan dari pra siklus hingga siklus I dan siklus II terjadi kenaikan sebesar 40,81%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan menggambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Sukorini manyaran karanggede boyolali tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motorik halus, media menggambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2013 10:58
Last Modified: 01 Nov 2021 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26795

Actions (login required)

View Item View Item