Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Bercerita Gambar Rumpang Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Sundari, Sri and , Drs. Joko Suwandi, M.Pd. (2013) Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Bercerita Gambar Rumpang Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi I Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (596kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf

Download (386kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan berbahasa lisan melalui bercerita gambar rumpang pada anak Kelompok B TK Pertiwi I Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode bercerita pada anak kelompok B yang berjumlah 30 anak terdiri dari 17 putra dan 13 putri di TK Pertiwi I Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Siklus satu melalui bercerita dengan gambar rumpang yang tidak diwarnai dan siklus dua melalui bercerita dengan gambar rumpang yang diwarnai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non test. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan dan penilaian. Analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan dilanjutkan dengan refleksi. Kemampuan berbahasa lisan anak melalui bercerita dengan gambar rumpang dapat berkembang. Hal ini terbukti dengan adanya persentase pra siklus 30%, pasca siklus I meningkat menjadi 50%, kemudian pasca siklus II meningkat menjadi 80%. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan bercerita gambar rumpang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada anak Kelompok B TK Pertiwi I Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa lisan, bercerita gambar rumpang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2013 10:51
Last Modified: 01 Nov 2021 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26789

Actions (login required)

View Item View Item