Upaya Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Benda-Benda Kongkret Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi 2 Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Partini, Partini and , Drs. Joko Suwandi, M.Pd. (2013) Upaya Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Benda-Benda Kongkret Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi 2 Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan dengan permainan benda-benda kongkret yang berupa balok-balok angka pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi 2 Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subjek dalam penelitian ini Anak Didik Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi 2 Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Adapun jumlah anak didik Kelompok A adalah 10 anak. Penelitian ini bersifat kolaborator antara peneliti dengan kepala sekolah yang juga selaku guru kelas, data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trigulasi data. Hasil penelitian pada tindakan ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan balok-balok angka, kondisi awal kemampuan pra siklus sebesar 25%, pada siklus I sebesar 50%, dan pada siklus II mencapai 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media benda-benda kongkret dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Pertiwi 2 Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung permulaan, dengan media benda-benda kongkret.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2013 09:41
Last Modified: 01 Nov 2021 04:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26788

Actions (login required)

View Item View Item