Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Tentang Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Sugiyono, Sugiyono and , Dra. Siti Zuhriah Ariatmi, M.Hum (2013) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Tentang Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (640kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (731kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (270kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar tentang perkalian dan pembagian siswa kelas IV dengan media gelang karet, kelereng, dan biji jagung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagai subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Jonggrangan, Klaten Utara yang berjumlah 36 siswa terdiri dari laki-laki 18 anak dan perempuan 18 anak. Metode pengumpulan data dengan observasi, tindakan kelas dan tes.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam perkalian dan pembagian. Ini terlihat dari hasil per siklus. Sebagai berikut: siklus 1 jumlah siswa 36 anak nilai terendah 50 (5 anak) nilai tertinggi 100 (4 anak) ketuntasan kelas 31 ( 86,11%) nilai rata-rata kelas 77,50, siklus II nilai terendah 60 (5 anak) nilai teringgi 100 (10 anak) Ketuntasan kelas 31 dari 36 siswa (86,11%) nilai rata-rata 86,38. Siklus III dari 36 anak nilai terendah 60 (1 anak ) dan nilai tertinggi 100 ( 10 anak ) Ketuntasan kelas 35 dari 36 siswa (97,22%) nilai rata-rata 87,50. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan media gelang karet, kelereng dan biji jagung dapat meningkatkan perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Negeri 2 Jonggrangan, Klaten Utara, Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar perkalian, Pembagian dan Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2013 07:14
Last Modified: 27 Oct 2021 07:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26781

Actions (login required)

View Item View Item