Penggunaan Model Kooperatif Berbasis Concept Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Semester Gasal SD Negeri 1 Sobayan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Wijayanti, Retna and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Model Kooperatif Berbasis Concept Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Semester Gasal SD Negeri 1 Sobayan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan solusi terhadap pemasalahan yang terjadi di dalam kelas. Tujuan secara umum penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Sobayan, Pedan, Klaten. Tujuan Khusus untuk : 1) Meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Sobayan melalui penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping; 2) Untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Sobayan melalui penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap Siklus terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka). Data aktivitas siswa diperoleh dari Pedoman Observasi Aktivitas Siswa, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru diperoleh dari Pedoman Observasi Proses Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari Evaluasi Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sobayan tahun pembelajaran 2013/2014 pada pembelajaran PKn dengan penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami peningkatan, yang dilihat dari aspek: a) aktivitas mengeluarkan pendapat pada siklus I 53,6% meningkat menjadi 78,0%; b) aktivitas berdiskusi pada siklus I 73,1% meningkat menjadi 80,4% dan c) aktivitas mengajukan pertanyaan pada siklus I 56% meningkat menjadi 73,1%. (2) Hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari hasil pencapaian nilai KKM yaitu pada Siklus I 60,9% meningkat menjadi 78,0% pada Siklus II. Dengan demikian, penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kualitas pros es pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sobayan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Concept Mapping, Aktivitas dan hasil bela jar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 15 Nov 2013 12:26
Last Modified: 27 Oct 2021 07:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item View Item