Wijayanti, Retna and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Model Kooperatif Berbasis Concept Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V Semester Gasal SD Negeri 1 Sobayan Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (273kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (339kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memberikan solusi terhadap pemasalahan yang terjadi di dalam kelas. Tujuan secara umum penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Sobayan, Pedan, Klaten. Tujuan Khusus untuk : 1) Meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Sobayan melalui penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping; 2) Untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Sobayan melalui penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap Siklus terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka). Data aktivitas siswa diperoleh dari Pedoman Observasi Aktivitas Siswa, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru diperoleh dari Pedoman Observasi Proses Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari Evaluasi Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sobayan tahun pembelajaran 2013/2014 pada pembelajaran PKn dengan penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami peningkatan, yang dilihat dari aspek: a) aktivitas mengeluarkan pendapat pada siklus I 53,6% meningkat menjadi 78,0%; b) aktivitas berdiskusi pada siklus I 73,1% meningkat menjadi 80,4% dan c) aktivitas mengajukan pertanyaan pada siklus I 56% meningkat menjadi 73,1%. (2) Hasil belajar PKn siswa kelas V pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari hasil pencapaian nilai KKM yaitu pada Siklus I 60,9% meningkat menjadi 78,0% pada Siklus II. Dengan demikian, penggunaan model kooperatif berbasis concept mapping dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kualitas pros es pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sobayan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif, Concept Mapping, Aktivitas dan hasil bela jar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 12:26 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26772 |
Actions (login required)
View Item |