Handayani, Sri and , Dra. Zuhriah Ariatmi, M. Hum (2013) Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar IPS Kelas IV Tentang Sumber Daya Alam Melalui Metode Pembelajaran Otentik Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sabranglor Trucuk Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (218kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (563kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktifitas belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sabranglor Melalui Metode Pembelajaran Otentik dengan Materi Sumber Daya Alam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Sabranglor Trucuk yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif yaitu bahwa hasil belajar kelas IV dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran otentik, terbukti dari hasil analisis diperoleh rata-rata hanya mencapai hasil belajar dari sebelum tindakan 63,73, setelah dilakukan siklus I 68,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,17. Dari penelitian diperoleh hasil belajar IPS materi Sumber Daya Alam kelas IV SD Negeri 2 Sabranglor Trucuk Klaten melalui hasil tes yang dilakukan di akhir proses pembelajaran. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai 45,83% setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 70,83% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Hasil peningkatan aktifitas siswa menunjukkan peningkatan dari berbagai aktifitas dari nilai 79% menjadi 83,33%, 62,5% menjadi 75%, 58,3% menjadi 66,67 %, 70,83% menjadi 83,33%, dan 91,66% menjadi 95,83%.. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran otentik dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar IPS tentang Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sabranglor Trucuk Klaten tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, aktifitas belajar, metode pembelajaran otentik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 12:08 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26769 |
Actions (login required)
View Item |