Parmilah, Parmilah and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Malangjiwan Kebonarum Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi pengukuran besar sudut di Kelas V di SD Negeri 1 Malangjiwan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang dilakukan pada saat pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 60. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Untuk hasil motivasi belajar siklus I dan siklus II di dapatkan hasil peningkatan motivasi diantaranya (1) Ketekunan siswa mengalami peningkatan persentase rata – rata (16%), (2) Keuletan mengalami peningkatan persentase rata – rata (12%), (3) Minat siswa mengalami peningkatan persentase rata – rata (6%), (4) Siswa bekerja mandiri mengalami peningkatan persentase rata – rata (19%), (5) Siswa cepat bosan pada tugas mengalami peningkatan persentase rata – rata (12%) (6) Sikap siswa mempertahankan pendapat mengalami peningkatan persentase rata – rata (16%), (7) Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini mengalami peningkatan persentase rata – rata (19%), (8) Senang mencari dan memecahkan soal mengalami peningkatan persentase rata – rata (16%)sebesar 76%. Berdasarkan pada hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu dari siklus I sebesar 59% naik ke siklus II menjadi 71%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Pengukuran Besar Sudut, Motivasi Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 11:56 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26767 |
Actions (login required)
View Item |