Indrawati, Suci and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Strategi Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Materi Rangka Tubuh Manusia Dan Fungsinya Bagi Siswa Kelas Iv Semester I Sd Negeri 6 Delanggu Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (231kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (431kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penggunaan strategi pembelajaran Group Investigation berbasis media gambar pada materi rangka tubuh manusia dan fungsinya bagi siswa kelas IV SD Negeri 6 Delanggu tahun pelajaran 2013 / 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Delanggu yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok observasi dan tes, sedangkan dokumentasi, dan catatan lapangan sebagai metode bantu. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi rangka tubuh manusia dan fungsinya bagi siswa kelas IV SD Negeri 6 Delanggu. Ditinjau dari perolehan indikator pencapaian yang dapat dilihat dari indikator aktivitas pada siklus terakhir menunjukkan a) Aktivitas belajar siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan (pra siklus) sejumlah 19,23%, pada siklus I sejumlah 53,85%, pada siklus II sejumlah 65,38%. b) Aktivitas belajar siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan (pra siklus) sejumlah 11,23%, pada siklus I sejumlah 46,15%, pada siklus II sejumlah 19 siswa 65,38%. c) Aktivitas belajar siswa dalam maju ke depan sebelum diadakan tindakan (pra siklus) sejumlah 15,38%, pada siklus I sejumlah 42,30% , pada siklus II sejumlah 53,85%. d) Adanya peningkatan hasil belajar IPA pada pelaksanaan tindakan siklus I ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari data pra siklus sejumlah 30,77% pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 57,69%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 80,77% yang mencapai nilai KKM > 70. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Group Investigation berbasis media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar IPA. Kata Kunci : Group Investigation, Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 11:46 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26766 |
Actions (login required)
View Item |