Kusyanti, Kusyanti and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penggunaan Strategi Card Sort Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ipa (Ptk Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 02 Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (596kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (253kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Dafar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPA melalui penggunaan Strategi Pembelajaran Card Sort pada siswa kelas V SD Negeri 02 Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelas V SD Negeri 02 Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran Card Sort pada anak kelas V SD Negeri 02 Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa yang bertanya, pada siklus I terdapat 10 siswa (52%), pada siklus II terdapat 15 siwa (78,94%), keaktifan siwa yang menjawab pertanyaan, pada siklus I terdapat 11 siswa (57,89%), pada siklus II terdapat 16 siswa (84,21%), keaktifan siswa mengerjakan tugas/PR pada siklus I terdapat 17 siswa (89,47%) dan pada siklus II terdapat 18 siswa (94,75%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan keaktifan siswa pada kelas V SD Negeri 02 Lumbungkerep Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Strategi Pembelajaran Card Sort, Keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 15 Nov 2013 11:37 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26765 |
Actions (login required)
View Item |