Upaya Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Dengan Metode Proyek Pada Anak TK PGRI Pedan Kelompok B Tahun Ajaran 2013/ 2014

Setiyani, Ambar and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Dengan Metode Proyek Pada Anak TK PGRI Pedan Kelompok B Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (840kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bekerjasama dengan metode proyek pada pokok bahasan.Bermain secara berkelompok membuat rumah dengan media balok dan membuat batu bata dengan tanah liat yang diambil langsung dari alam yaitu sawah.Penerima tindakan adalah anak Kelompok B TK PGRI Pedan yang berjumlah 14 anak. Subke penelitian tindakan adalah anak.Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam 2 putaran metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara. Teknik analisis data secara deskriptif komparatif dngan analisis kritis terhadap kelemahan dan kelebihan kinerja anak dan guru dalam proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian mengalami peningkatan kemampuan bekerjasama dengan metode proyek. Peningkatan kemampuan bekerjasama pada pra siklus 30%, siklus I peningkatan kemampuan bekerjasama anak mencapai 72,1% dan pada siklus II sudah mencapai target yaitu 84,28%. Dengan demikian berdasarkan hipotesis metode proyek dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama anak TK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bekerjasama, Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2013 11:41
Last Modified: 01 Nov 2021 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26764

Actions (login required)

View Item View Item